Sunday, May 11, 2008

Bangkok Intl Motor Show 2008 (Bag 2)


BIMS 2008 di bagi dalam 3 pameran dalam ruangan terpisah, yaitu pameran mobil, pameran motor dan pameran aksesoris. Pameran mobil dan motor menempati bangunan utama gedung, sementara pameran aksesoris menempati bangunan semi permanen di sisi Selatan gedung. Walaupun semi permanen, tetapi dilengkapi dengan AC, jadi tetap nyaman.

Untuk melihat pameran mobil dan motor, pengunjung dikenai tiket seharga 80B (Rp 24,000), namun gratis untuk melihat pameran aksesoris.

Lobby utama Bitec cukup mewah dan nyaman, walaupun pameran baru dibuka pukul 11.00 namun pengunjung yang datang sudah cukup ramai. Di sebelah kiri lobby terdapat cafe dan restauran, sehingga mereka yang belum sempat sarapan bisa santai sejenak sambil menunggu pintu dibuka. Di tengah-tengah lobby, terdapat lukisan raja Thailand, Bhumibol Adulyadej atau Rama IX mengenakan pakaian berwarna pink.

BIMS 2008 ini diikuti oleh hampir 30 produsen mobil dan motor ternama di Asia, umumnya sama dengan peserta JIMS (Jakarta Intl Motor Show), kecuali tidak tampak stand Daihatsu karena memang merk ini tidak exist di Thailand. Sebagai gantinya, tampak stand Citroen, Tata (India) dan NAZA (Malaysia).

Stand Suzuki pun tidak sebesar di JIMS, sampai saat ini hanya Suzuki APV yang mulai terlihat banyak lalu lalang di Bangkok, selebihnya tidak ada. Bahkan fenomena Suzuki Swift, SX4 dan Neo Baleno pun tidak tampak di stand Suzuki, mereka hanya focus kepada New APV dan mencoba menawarkan Grand Vitara.

Salah satu mobil termurah yang ditawaran dalam pameran ini ialah NAZA Forza (http://www.nazacorp.com.my/cars/forza/forza.html) dengan harga sekitar 350,000B (Rp 105juta).

Sementara dari negeri Ginseng, tampak stand Sangyong, KIA dan Hyundai. Tidak seperti di Indonesia, pasar mobil2 Korea belum cukup besar di Thailand, namun kehadiran KIA Picanto dan Hyundai H-1 cukup banyak menarik perhatian pengunjung. Yang cukup mengherankan, walaupun pasarnya tidak populer, ada juga yang membeli SUV Hyundai New Santa Fe seharga 2,000,000B (Rp 600juta) lebih mahal dari Honda New CRV dan Toyota Fortuner!

Stand Honda tampil dengan new Honda Jazz sebagai andalan.



Stand Nissan menyuguhkan protoype Nissan Intima, sementara fenomena Grand Livina dan Livina XR tidak tampak jejaknya.

Lihat foto-foto selanjutnya.... di bagian 3 (habis)