Sunday, May 11, 2008

Paket Hemat GPS


Sudah punya PDA dengan fasilitas Bluetooth? Ingin punya GPS dengan dana minimal?

Kalau anda sudah punya PDA (sebaiknya dengan layar berwarna), sebenarnya ada cara murah untuk ber-GPS ria yaitu dengan menggunakan PDA sebagai layar dan 'otak' GPS. Dengan demikian kita cukup membeli receiver GPS-nya saja, tidak harus dengan unit display-nya.

Salah satu unit receiver GPS yang sudah saya coba ialah Garmin Mobile 10 (http://www.garmin.com/garmin/cms/site/us/). Unit ini sebenarnya bisa dihubungkan dengan beberapa device lain sebagai otak dan display GPS seperti PDA dan mobile/smart phone seperti Palm Treo, Samsung Blackjack (SGH600i), BlackBerry, Motorola Q dll. Bahkan unit ini pun dapat dihubungan dengan laptop. Di Indonesia, GM1o dijual sekitar Rp 1.7-1.9 juta (http://www.bhinneka.com/)

Koneksi dengan PDA
Saya menggunakan PDA Palm TX (http://www.palm.com/us/products/handhelds/tx/) sebagai layar dan otak dari Garmin Mobile 10. Untuk menghubungkan Palm TX dengan GM10 diperlukan koneksi Bluetooth dan software Garmin Mobile XT dari Garmin (termasuk dalam paket penjualan). Karena PDA saya berbasis Palm OS maka software Garmin-nya pun dipilih yang kompatibel dengan Palm OS. Sedangkan Map-nya universal baik untuk Palm, Symbian atau PPC.

Karena software GPS sudah termasuk dalam paket pembelian, maka jika membeli di toko yang lengkap anda bisa meminta software GPS yang sesuai dengan OS PDA anda. Yang perlu dicatat ialah minimal system requirement untuk koneksi dengan PDA, yaitu Palm OS 5.4 atau Windows Mobile/PPC 2003 dengan SD/MMC card 128MB (dengan 512MB akan lebih baik).

Saran saya, software GPS dan file Map sebaiknya diinstal di memory card saja supaya tidak menghabiskan memory internal PDA (besar file Map sekitar 90MB). Dengan demikian GPS akan bekerja lebih cepat dan tidak sering hang, walapun konsekuensinya pemakaian batere akan menjadi lebih boros (karena harus mengakses memory card terus-menerus).

Setelah selesai instalasi anda harus melakukan pairing dengan unit GPS terlebih dahulu sebelum bisa mulai beroperasi. Hal ini cukup dilakukan sekali saja pada saat awal instalasi, setelah itu di kemudian hari PDA anda akan otomatis mencari unit receiver begitu software GPS dijalankan.

Aksesoris
Peralatan tambahan yang harus anda miliki untuk bisa berkoneksi dengan nyaman ialah car charger untuk PDA. Sebab dengan koneksi bluetooth, interaksi dengan SD/MMC card dan display light on sepanjang jalan, batere PDA anda akan cepat terkuras. Pengalaman saya, setelah 3 jam Palm TX secara otomatis akan menonaktifkan pembacaan SD card untuk mengemat batere. Car charger untuk PDA dapat dibeli di toko2 gadget yang menjual PDA, baik OEM maupun aftermarket. Saya sendiri memakai car charger after market untuk Palm TX.

Batere GM10 sendiri tahan cukup lama, minimal 6-10 jam nonstop bahkan mungkin lebih karena saya sendiri nggak pernah nyetir lebih dari 5 jam nonstop. Namun GM1o memang sudah dilengkapi dengan car charger (bahkan tidak disediakan charger rumah), jadi tidak perlu khawatir kehabisan batere ditengah jalan.

Selain itu, aksesoris lain yang diperlukan ialah PDA holder untuk di mobil, sebab tanpa ini anda akan kesulitan melihat GPS dengan mudah. PDA holder ini juga bisa dibeli di toko2 yang menjual gadget/PDA.

No comments: